Thursday, February 21, 2013

Tahu Baxo Bu Pudji Ungaran

Berwisata kuliner di  Kota Ungaran Anda akan menjumpai banyak rumah makan yang menjual sate sapi, salah satunya adalah Sate Sapi Pak Kempleng; dan jika Anda memperhatikan dengan seksama, Anda akan menemukan banyak toko – toko yang menjual satu lagi makanan khas  Ungaran. Ya, selain terkenal dengan sate sapinya, Kota Ungaran  juga terkenal dengan tahu baksonya. Anda dapat menemukan berbagai merk tahu bakso di sana.

Merk Tahu Bakso yang terkenal di Ungaran adalah Tahu Baxo Bu Pudji. Bu Pudji atau nama aslinya Sri Lestari adalah orang pertama yang memperkenalkan tahu bakso sebagai oleh – oleh khas Ungaran. Awalnya pada tahun 1995, Bu Pudji menjual tahu baksonya hanya terbatas pada kalangan teman PKK saja, melalui informasi dari mulut ke mulut, tahu baksonya mulai dikenal luas. Yang mulanya hanya berproduksi jika ada pesanan berkembang menjadi produksi tetap karena setiap hari pasti ada yang membeli. Saat itu tahu bakso Bu Pudji dikenal dengan nama Tahu Bakso kepodang sesuai dengan alamat tempat tinggal Bu Pudji. Ketika usahanya semakin berkembang Bu Pudji mulai berjualan tahu bakso dengan gerobak dorong, saat itu produksi tahu baksonya sudah mencapai 100 hingga 150 biji per hari.

Pada tahun 2002, Bu Pudji dan keluarga pindah rumah ke jalan Kutilang dan sejak saat itu nama tahu baksonya berubah menjadi Tahu Baxo Bu Pudji.

Keistimewaaan tahu bakso Bu Pudji adalah rasanya yang gurih dan tidak terlalu asin. Baksonya terisi penuh di dalam tahu, bukan sekedar ada bakso di  dalam tahu. Bentuknya menarik, tahunya rapi dan bentuknya  rata sedang baksonya rapat sesuai motto yang diusung yaitu “rapi, rata dan rapat”

Tahu dan bakso diproduksi sendiri sesuai standar kesehatan dan yang pasti tidak menggunakan formalin. Walaupun demikian tahu bakso ini bias bertahan dua hari dalam udara bebas dan bila dimasukkan ke dalam kulkas bias bertahan hingga seminggu.

Tahu Baxo Bu Pudji dijual dalam bentuk tahu bakso basah, namun Anda bias dapat meminta tahu bakso yang sudah digoreng. Harga satu dus kecil berisi tahu bakso 10 buah Rp18.000,- bila basah dan Rp20.000,- bila digoreng. Selain dus kecil, disediakan pula paket dus besar yang berisi 20 buah tahu bakso.

Tahu Baxo Bu Pudji dapat Anda temukan di Jl. Kutilang Raya no. 56 Pasar Ungaran, Jl. Letjen Suprapto no. 24, Ungaran dan Jalan Sukarno Hatta-Wujil Ungaran.

Outlet yang berada di jalan Sukarno-Hatta selain menjual tahu bakso, juga menjual aneka oleh-oleh khas Ungaran lainnya, di sini pula Anda dapat menikmati aneka bakso kuah. Untuk dapat mencapai lokasi ini dari Ungaran Anda bias menggunakan angkutan Ungaran-Bawen atau Ungaran- Karang Jati. Anda bisa berhenti tepat di seberang outlet.

Anda tidak akan menemukan cabang lain di luar kota Ungaran karena Tahu Baxo Bu Pudji menginginkan agar bila pembeli kangen dengan tahu bakso Bu Pudji, mereka akan datang lagi ke Ungaran.

Kuliner khas kabupaten semarang lainnya adalah tahu serasi, gudeg Merakmati, dan sate Pak Kempleng.

Direction:

Untuk sampai ke tempat ini, Anda dapat naik bis jurusan Jogja-Semarang, atau Solo-Semarang dan turun di stadion Wujil. Tahu bakso Bu Pudji ada di depan stadion.

Hotel terdekat adalah Novotel Semarang, Hotel Santika Premier Semarang, dan hotel lain di area Semarang.

2 comments:

  1. bagi rekan-rekan yang ingin merasakan tahu baxo ibu pudji bisa order ke saya,
    pengiriman akan menggunakan TIKI, dengan paket ONS.
    bisa juga cek lapak ane di kaskus gan.
    bisa kontak saya. 081805965149 atau di bb, PIN 2A716559

    ReplyDelete
  2. order ke balikpapan ongkirnya brp mas???

    ReplyDelete